Menelisik Antusiasme Mahasiswa UBB dalam Pemilwa Presiden Mahasiswa 2018

LPM UBB, Balunijuk— Divisi Penelitian dan Pengembangan Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (Litbang LPM UBB) mengadakan sebuah perhitungan cepat terhadap seberapa besar antusiasme mahasiswa UBB dalam Pemilwa UBB tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada 21 November 2018 di TPS masing-masing Fakultas yang sudah disiapkan oleh tim Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UBB.

Dalam melaksanakan perhitungan cepat ini, Divisi Litbang LPM UBB memanfaatkan sebuah sistem online yaitu StrawPoll. StrawPoll adalah layanan pembuatan poll online yang mudah, ringkas, cepat disertai statistik yang informatif. Bisa dijadikan pilihan saat membutuhkan fungsi untuk mengumpulkan data. Adapun alasan divisi Litbang LPM UBB memilih StrawPoll dalam perhitungan cepat ini adalah karena StrawPoll merupakan media tercepat yang bisa digunakan terutama mendekati hari pemilwa yang semakin dekat.

Selain itu, StrawPoll ini juga mampu memberikan data yang cukup valid.
StrawPoll ini sudah disebarkan kepada mahasiswa-mahasiswa UBB melalui seluruh anggota LPM UBB sebagai perantaranya. Berdasarkan hasil perhitungan StrawPoll yang dilakukan selama kurang dari 2×24 jam ini menghasilkan perhitungan bahwa terdapat sekitar 223 partisipasi atau sekitar 8% mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam perhitungan cepat melalui media yang disediakan oleh LPM UBB (data StrawPoll pada 20 November 2018, pukul 23.22 WIB). Dilihat dari rendahnya jumlah partisipasi mahasiswa UBB yang mengisi StrawPoll tersebut. Maka, diharapkan kepada mahasiswa UBB agar bersedia untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi UBB yang akan diselenggarakan 21 November 2018.

Golput bukanlah gaya mahasiswa sejati. Karena mahasiswa sejati akan berani memilih orang yang pantas membangun peradaban UBB lebih tinggi. Maka dari itu, ayo suarakan aspirasi mahasiswa melalui pemilwa UBB 2018. Berikut adalah sedikit tanggapan anggota LPM UBB tentang figur pemimpin harapan untuk UBB.

“ pemimpin yang saya harapkan adalah pemimpin yang tidak hanya sebagai narator tapi juga bisa menulis. Dan bisa merangkul semua civitas akademik saat mereka melakukan kesalahan” –Julia Kartika, Ketua Umum LPM UBB periode 2018/2019.

“Presiden Mahasiswa harus mampu membuat UBB menjadi lebih baik lagi, baik dalam segi membuat kegiatan kemahasiswaan atau kehidupan di dunia kampus serta mengharumkan nama UBB”- Seldi Herdiansyah, Wakil Ketua Umum LPM UBB periode 2018/2019.

“ Saya pribadi menginginkan seorang pemimpin yang baik pemahaman agamanya karena bila agamanya baik, InsyaAllah hal-hal lain pun akan ikut baik. Dan yang saya khawatirkan adalah ketika banyak calon-calon pemimpin yang dianggap baik, dan berkompeten. Tetapi ternyata ia sendiri sering melalaikan kewajibannya sebagai seorang hamba, tidak paham akan hakikat hidup yang sebenarnya. Saya khawatir orang-orang seperti itu hanya membangun citra dirinya dengan memainkan peran sebagaimana orang lain inginkan, supaya di agung-agungkan, hingga citra baik dan berkompeten hanyalah sebuah euphoria” Mely Handiati, Koordinator Divisi Redaktur LPM UBB periode 2018/2019.

(Red/Anggun/Mely)

You must be logged in to post a comment Login