Arak-arakan Khas KM Jurusan Pertambangan untuk Para Wisudawan

Arak-arakan Khas KM Jurusan Pertambangan untuk Para Wisudawan

LPM UBB, Pangkal Pinang — Mahasiswa Pertambangan Memberikan Perhargaan pada Wisudawan Jurusan Pertambangan 2019 (26/03/19).

Raut wajah kebahagiaan bermunculan pada setiap wajah mahasiswa jurusan teknik pertambangan UBB. Pasalnya, bertepatan pada hari ini sekitar 19 orang mahasiswa tingkat akhir pertambangan diwisuda. Memang sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun menurun bahwa mahasiswa muda memberikan hadiah wisuda pada kakak tingkatnya dengan melaksanakan arak-arakan.
Kegiatan ini dilaksanakan di depan halaman Gedung Hotel Sol Marina yang berlokasi di Pangkal Pinang.
Pada awalnya, kegiatan arak-arakan yang ingin dilakukan KM HIMATA mendapat banyak tantangan dan juga larangan. Mulai dari Manager Hotel, Kajur Tambang, Kajur Mesin, Dekan Fakultas Teknik bahkan staf keamanan pun melarang diadakannya kegiatan ini. Akan tetapi, semangat mahasiswa pertambangan tidak kendur, tidak ada istilah pantang mundur. Semangat mereka justru semakin besar dan semakin berkobar.

“Arak-arakan itu seperti apresiasi akhir kepada kakak-kakak tingkat dan perwujudan gagak hitam. karena gagak hitam melambangkan kesetiaan kebersamaan dan melambangkan tempat pulang harus kemana. Satu disentuh semua bakal turun. Arak-arakan tahun ini meriah hanya saja langkah mahasiswa semakin dibatasi”, tutur Setiawan Ramadhan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Pertambangan 2018/2019.

Mahasiswa pertambangan bernyanyi dengan riang gembira dilengkapi dengan instrumen musik yang dibuat se-kreatif mungkin. Alat musik yang digunakan berupa drum, tabuhan gendang dan lain sebagainya. Selain itu, ada banyak sekali properti yang semakin memeriahkan acara tersebut. Beberapa diantaranya adalah poster, papan reklame bahkan suasana semakin dimeriahkan dengan adanya maskot tambang yang mengenakan kostum Gagak Hitam.

“Gagak Hitam melambangkan sistem Kekeluargaan dari HIMATA. Jika ada satu orang diusik semuanya akan bersatu. Karena dari gagak hitam yang dapat ditiru itu kekeluargaannya”, ucap Luchas Jacky Nestle Barus selaku Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Pertambangan tahun 2018/2019.

Kegiatan ini dimaknai sebagai bentuk penghargaan dan rasa sayang adik tingkat pada kakak tingkatnya terutama merupakan sebagai persembahan akhir KM HIMATA yang nantinya akan jarang bertemu dengan mereka.

“Terimakasih banyak atas partisipasi adik-adik. Kalian sangat luar biasa. Mungkin hari ini adik – adik yang melakukan arak-arakan, semoga suatu saat nanti kalian yang akan di arak-arakan juga, tetap solid selalu dan cepat menyusul kami dan nantinya bersama-sama membangun teknik pertambangan”, ujar M. Arief Hidayatullah S.T salah satu wisudawan.

“Mantap, kalian membuat abang bangga dan makin bangga, tetap berlanjut dan tidak berhenti. Harapannya supaya lebih lengkap dan lebih merangkul lagi”, ungkap Dedi Johannes Sagala S.T.

(Red/Susi/Erika)

You must be logged in to post a comment Login