TIM KKN PPM PENUTUK UNDANG BPJS SOSIALISASIKAN PROGRAM KESEHATAN ANDALAN JOKOWI

TIM KKN PPM PENUTUK UNDANG BPJS SOSIALISASIKAN PROGRAM KESEHATAN ANDALAN JOKOWI
Hari Anti Korupsi Sedunia

LPM UBB, Bangka – Tepat pada hari Jumat 9 Agustus 2019 merupakan hari ke-30 pengabdian Tim KKN PPM Desa Penutuk. Pada hari ke-30nya, Tim KKN PPM Desa Penutuk mengundang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mensosialisasikan mengenai program kesehatan andalan Presiden Joko Widodo, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS). Bertempat di Dusun Pulau Tinggi, pada (09/08/19).

Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi dari BPJS Kesehatan ini ialah untuk memberikan wawasan baru dan pendaftaran BPJS bagi warga Dusun Pulau Tinggi yang belum mendapatkan layanan kesehatan ini.

Sosialisasi disampaikan oleh Ibu Yusi. Dalam pemaparan materinya, beliau menjelaskan betapa pentingnya Ikut BPJS.

“Kita itu tidak tahu kapan datangnya sakit. Bisa saja hari ini tampak sehat, namun seminggu kedepan? Kita tidak tahu. Terkadang, ketika kita sedang terkena musibah sakit, kita sedang tidak mempunyai uang untuk berobat, apalagi dalam kasus penyakit berat butuh biaya yang mahal,” tutur Ibu Yusi.

Beliau menambahkan, “Disinilah Program Jaminan Kesehatan hadir untuk masyarakat. prinsip BPJS “Dengan Gotong Royong Semua Tertolong” dapat membuat seluruh golongan masyarakat baik kaya maupun miskin jaminan kesehatannya akan terlindungi oleh program ini,” tambahnya.

Dalam sesi tanya jawab, seorang peserta sosialisasi bertanya, “Apakah kartu BPJS yang didaftar dikota asal dapat dipakai di kota rantau?”

“Bisa. Namun, perlu terlebih dahulu meminta keterangan domisili dari Kades, Lurah ataupun RT setempat. Kemudian, langsung ke kantor BPJS setempat untuk mengisi formulir perubahan fasilitas kesehatan,” jawab Beliau.

Dalam closing statementnya Beliau menjelaskan betapa pentingnya setiap masyarakat untuk mendaftar Jaminan Kesehatan ini. Beliau juga memberi wawasan tentang cara pendaftaran program ini bagi warga Dusun Pulau Tinggi yang belum terdaftar. Setelah materi selesai, Beliau dan Timnya membuka pendaftaran bagi warga-warga yang belum terdaftar dan beberapa warga mendaftar dengan antusias.

(Samuel / Red LPM UBB)

You must be logged in to post a comment Login