Pelepasan Relawan Bina Desa UBB 2019

Pelepasan Relawan Bina Desa UBB 2019
Hari Anti Korupsi Sedunia

LPM UBB, Balunijuk- Pihak rektorat beserta BEM KM Universitas Bangka Belitung melakukan pelepasan para mahasiswa yang menjadi relawan di agenda Bina Desa Pulau Nangka Desa Tanjung Pura, kecamatan Sungai Selan kabupaten Bangka Tengah yang diagendakan selama 10 hari. Pelepasan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB di ruang Aula besar gedung Rektorat Baru Universitas Bangka Belitung (senin, 21 Oktober 2019).

Pelepasan ini dihadiri oleh wakil Rektor 1 yakni, Dr. Rizwan Dzuhri SE. M.M, wakil rektor 2 Dr. Sucipto juga Wakil Presiden Mahasiswa UBB Anugerah Steven Natajaya. Serta turut hadir gubernur Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, beserta perwakilan-perwakilan unit kerja mahasiswa Universitas Bangka Belitung lainnya.

Acara berlangsung khidmat dari awal sampai akhir. Pada sesi kata sambutan Dr. Rizwan Dzuhri SE. M.M sebagai wakil rektor 1 berkata, “Ingat! kata relawan, artinya siap mengabdi, menjadi relawan harus siap mengabdi bukannya menyusahkan masyarakatnya”. Beliau menyampaikan nasihat kepada para relawan agar selalu siap mengabdi dan bukan menyusahkan masyarakat. Lalu warek 1 menyampaikan harapannya disalah satu sesi sambutan yang ia lakukan ” Saya harap kehadiran mahasiswa disana banyak memberikan manfaat bagi masyarakat baik saat sedang pengabdian maupun setelah itu,” ujarnya. Setelah menyampaikan kata sambutan, wakil rektor 1 secara resmi membuka kegiatan pelepasan relawan Bina Desa 2019 ini.

Ketua pelaksana Bina Desa Pulau Nangka 2019 Rahul Ikhsan, ketika diwawancarai menyampaikan bahwa persiapan bina desa ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya, mereka juga sudah melakukan survei sebanyak 2 kali dan telah mendapatkan izin dari kepala desa setempat. Untuk masalah pendanaan panitia mengajukan permintaan bantuan ke beberapa instansi juga pada pihak rektorat. Rahul juga menambahkan walau pendanaan yang diterima sedikit, tetapi para relawan juga mendapatkan bantuan dari rektorat berupa bahan-bahan konsumsi seperti beras, dan lain-lain. Pada sesi kata sambutan Rahul Ikhsan menyampaikan tujuan dari kegiatan ini “Kegiatan ini fokus kepada pengimplementasian tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian. Mengaplikasikan kemampuan yg dimiliki mahasiswa, salah satunya sebagai pendorong perubahan di masyarakat”.

Selain Wakil rektor 1 dan ketua pelaksana, wakil presiden mahasiswa Anugerah Steven Natajaya berkesempatan untuk menyampaikan beberapa kata sambutan dan motivasi. Beliau juga hadir untuk mewakili Presiden Mahasiswa UBB Janovan Tiranda yg sudah tiba di lokasi 2 hari sebelum acara pelepasan. Beliau menyampaikan keinginan dan kekecewaannya yang ingin bergabung menjadi bagian di kegiatan ini, karena ada beberapa hal yang menyebabkan dirinya tidak bisa ikut mengabdi di pulau nangka, Steven menambahkan motivasi di akhir penyambutan nya “Jika hari ini kawan-kawan terdiam dan terbelenggu dari korporasi ingatlah kita adalah mahasiswa, karena mahasiswa adalah akademisi yg bebas dari belenggu korporasi.”

Di akhir acara ada penyerahan tas secara simbolis kepada beberapa perwakilan bina desa 2019. Selanjutnya Sekitar pukul 11.00 WIB para relawan yang berjumlah sekitar 20-an orang diberangkatkan menggunakan bus kampus.

(Red/Gumiwang A. Darma)

You must be logged in to post a comment Login