Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Oleh: Adhy Yos Perdana Wakil Ketua I DPM KM UBB

Hari anti korupsi sedunia merupakan hari yang di tetapkan oleh masyarakat sedunia yang sepakat bahwa hari ini tanggal 9 Desember 2019 adalah hari anti korupsi sedunia.

Sebenarnya pertanyaan yang cukup sederhana muncul ketika berbicara hari anti korupsi sedunia, yaitu apa tujuan ditetapkannya hari anti korupsi sedunia, dan apa urgensinya?.

Logika sederhana manusia mampu meng-automaticly bahwa korupsi adalah suatu perbuatan yang dilakukan untuk memperkaya dirinya ataupun kelompok dengan cara menggunakan hak-hak orang lain ataupun menggunakan uang masyarakat. Hal tersebut kemudian dilanjutkan dengan kesederhanaan bahwasanya manusia sepakat bahwa tindakan korupsi adalah tindakan yang sangat merugikan bagi orang banyak ataupun bagi negara dan kerugian tersebut merupakan dampak dari berbagai praktek korupsi yang telah terjadi.

Kenapa merugi dengan adanya korupsi? Jelas karena dengan adanya korupsi maka sirkulasi keuangan yang harusnya dapat memenuhi kebutuhan hidup rakyat baik guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia maupun pembangunan infrastruktur dengan adanya praktik korupsi uang-uang tersebut diambil dan digunakan teruntuk sebagian orang saja, dan ini merupakan kejahatan kemanusiaan yang sungguh tragis dalam tatap kehidupan manusia dari berbagai praktek korupsi yang telah dilakukan.

Tindakan korupsi menyadarkan masyarakat bahwa korupsi adalah hal yang merugikan dan harus dihentikan, karena akan menjadi penyakit yang berbahaya bagi sekarang maupun generasi di masa yang akan datang.
Dengan demikian maka secara umum masyarakat menginginkan adanya perubahan yaitu berupa pemberantasan secara menyeluruh terhadap praktik korupsi yang terus terjadi. Maka dari itu masyarakat dunia dan tak terkecuali masyarakat Indonesia hari secara harfiah bersepakat bahwasanya memerlukan gerakan yang secara menyeluruh ataupun kompak di semua elemen masyarakat untuk menolak adanya korupsi.

Dengan pertimbangan demikian maka masyarakat dunia secara umum dan masyarakat Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia bersepakat menetapkan hari ini sebagai hari anti korupsi sedunia.

Lalu apa maksudnya dengan menetapkan hari ini sebagai hari anti korupsi sedunia? Apakah bisa memberantas korupsi secara menyeluruh?

Masyarakat secara umum paham bahwasanya penyakit korupsi ini sudah benjalar dan mengakar sehingga jika ada peluang dan ada kesempatan untuk korupsi siapapun berkesempatan untuk melakukan praktik kejahatan tersebut. Maka penetapan tanggal 9 Desember sebagai hari anti korupsi sedunia adalah merupakan bagian dari ikhtiar seluruh lapisan masyarakat dunia. Dengan demikian juga akan mendorong generasi muda untuk mencegah praktik korupsi dan mengingatkan kita bahwa gerakan anti korupsi harus terus dikampanyekan secara luas agar kita seluruh lapisan masyarakat baik bagi generasi anak-anak, pemuda ataupun lansia agar terus perangi korupsi sejak dini, karena korupsi merupakan kejahatan manusia yang dapat merusak karena bersifat penyakit yang mengakar.

Harapan ke depannya bahwa Jendral anti korupsi yaitu Presiden RI Jokowi mampu memformulasikan gagasan dalam memberantas korupsi dan gagasan-gagasan tersebut dapat ditularkan dan dikampanyekan secara efektif dan efisien sebagai bukti keseriusan dalam menangani kejahatan korupsi. Serta jangan hanya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang ceremony saja apalagi dalam kaitannya memberantas kejahatan korupsi, tapi lebih mengkampanyekan gerakan anti korupsi secara efektif dan efisien dengan berbagai pendekatan baik secara moril. Baik dimasukan dari sisi bela negara ataupun praktek dari pengamalan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi dan dasar Bangsa Indonesia.
Sehingga ke depannya Indonesia akan menjadi negara unggul diera bonus demografi yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki peluang untuk menjadi negara besar dengan sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga proses bebas aktif dalam berpartisipasi dalam ketertiban dunia juga tidak sekedar kata-kata puitis.

(Adhy/Red LPM UBB)

You must be logged in to post a comment Login