Terpukau dengan Awan Pelangi di Langit Bangka Tengah

Terpukau dengan Awan Pelangi di Langit Bangka Tengah

LPM UBB, Bangka Tengah – Fenomena alam unik muncul di Bangka Belitung. Awan berwarna pelangi terlihat dari kejauhan. Fenomena ini disebut cloud irisation.

Awan pelangi ini sempat mencuri perhatian warga tepatnya di Bangka Tengah desa Air Mesu, Rabu (29/01/2020).

Sebagian warga yang berada di lokasi langsung mengabadikan fenomena yang terbilang unik dan langka di Bangka Belitung ini. Ada yang berhenti dari kendaraanya untuk bisa melihat sekaligus mengabadikannya dengan kamera.

Fenomena cloud irisation ini berlangsung sekitar 45 menit lamanya.
Fenomena alam yang satu ini muncul saat musim panas. Meski begitu, kemunculannya tergantung dari cuaca dan garis lintang. Dan perlu diketahui, pelangi ini tidak akan terlihat pada posisi garis lintangnya 55 derajat lintang utara atau selatan.

Menurut beberapa pendapat mengatakan pelangi yang muncul tanpa adanya hujan disebabkan oleh cahaya matahari yang masuk ke dalam awan yang mengandung pertikel air sehingga terciptalah reaksi, yaitu awan akan memantulkan, membiaskan dan membelokan cahaya dengan cara-cara yang sama.

Mengenai bentuknya pelangi ini jauh berbeda dengan pelangi pada umumnya. Jika pelangi biasa berbentuk melengkung, namun pelangi ini mirip kobaran api yang berada disebagian sisi awan.

Selain dikarenakan pembiasan cahaya matahari, fenomena pelangi ini juga disebabkan oleh cahaya bulan sebagaimana beberapa kasus yang pernah ada.

(Wallika/Red LPM UBB)

You must be logged in to post a comment Login