Mahasiswa Gaduh, Ini Klarifikasi dari Dekan Fakultas Teknik Terkait Surat Edaran

Mahasiswa Gaduh, Ini Klarifikasi dari Dekan Fakultas Teknik Terkait Surat Edaran

Balunijuk – Ormawa Fakultas Teknik dihebohkan dengan regulasi Dekan Fakultas Teknik mengenai penggunaan ruangan himpunan mahasiswa. Terdapat 3 poin dalam surat himbauan yang beredar pada 10 Februari 2020 :

1. Untuk penggunaan ruangan himpunan mahasiswa pada jam kerja di lingkungan Fakultas Teknik wajib mengisi Form Peminjaman Ruangan (contoh terlampir atau dapat disesuaikan di p** jurusan)
2. Untuk penggunaan ruangan himpunan mahasiswa diluar jam kerja harus mengirimkan surat izin terlebih dahulu kepada Fakultas Teknik.
3. Untuk izin penggunaan ruangan himpunan mahasiswa dapat berkoordinasi langsung dengan pembimbing HIMA/Pengelola di jurusan masing-masig, termasuk membuka pintu ruangan himpunan mahasiswa hanya dapat dilakukan oleh pembimbing HIMA/Pengelola jurusan.

Regulasi ini menimbulkan berbagai macam respon dari mahasiswa, bahkan dari mahasiswa fakultas lain. Pembatasan penggunaan sekretariat dianggap tidak etis dan menimbulkan perspektif pembatasan kebebasan mahasiswa untuk berserikat dan berkumpul.

Ternyata, alasan dibalik pembatasan penggunaan ruang sekretariat di Fakultas Teknik adalah ruang sekretariat yang tidak bersih dan layak. Wahri Sunanda S.T. M. Eng. selaku Dekan Fakultas Teknik menyatakan bahwa dirinya telah memberikan himbauan tertulis dan lisan, untuk semua sekretriat di fakultas teknik menjaga kebersihan. Terlebih beberapa waktu belakangan terdapat banyak kunjungan siswa SMA ke Fakultas Teknik. Jika ruangan sekretariat di Fakultas Teknik berada pada kondisi tidak layak di antara gedung perkuliahan lainnya, dikhawatirkan dapat menurunkan jumlah peminat Fakultas Teknik ke depannya.

“Saya sudah menyampaikan himbauan tertulis dan lisan, untuk semua sekre di FT itu dijaga kebersihannya tanpa pengecualian. satu bulan terakhir, terlihat ruangannya itu sangat berantakan.”

Dekan Fakultas Teknik juga menambahkan bahwa pembatasan penggunaan ruang sekretariat bersifat sementara, dengan catatan ruangan sekretariat dijaga kebersihannya setiap saat dan menegaskan bahwa yang dibatasi hanya penggunaan ruangan, mahasiswa masih bisa mengerjakan tugas dan berdiskusi mengenai program kerja himpunan di sekretariat dengan mengikuti prosedur peminjaman ruang yang telah ditetapkan.

(Shl/Red LPM UBB)

You must be logged in to post a comment Login