KARYAWISATA KE PABRIK, MAHASISWA AGRIBISNIS PAHAMI PRAKTIK MANAJEMEN AGRIBISNIS

KARYAWISATA KE PABRIK, MAHASISWA AGRIBISNIS PAHAMI PRAKTIK MANAJEMEN AGRIBISNIS

LPM-UBB, Koba—Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali melaksanakan karyawisata (fieldtrip) pada Rabu (26/2/2020).

Karyawisata ini dilaksanakan di PT. Bemban Jaya Lestari, salah satu pabrik pembuatan tepung tapioka yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Desa Simpang Perlang, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Tujuannya adalah untuk memenuhi agenda perkuliahan manajeman agribisnis yang diampu oleh Rufti Puji Astuti, S. Pt., M. Si.

Mahasiswa yang secara keseluruhan berjumlah 59 orang tersebut, ditugaskan untuk menggali informasi seputar praktik manajemen agribisnis untuk dijadikan bahan pembuatan laporan.

Dipandu Indah Sugiarto selaku Quality Controller, mereka mengelilingi pabrik yang memiliki area seluas 9,8 Hektar, untuk mengenal berbagai aktivitas produksinya.

Okta Meza, ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa persiapan kegiatan sempat terkendala oleh ketidaktersediaan transportasi dari pihak kampus dikarenakan padatnya jadwal pemakaian. Akan tetapi, kendala tersebut dapat teratasi menjelang hari keberangkatan.

Saat ditanyai harapannya terhadap karyawisata ini, Okta, panggilan akrabnya, menuturkan, “Harapan saya melalui kegiatan ini yaitu mahasiswa agribisnis tidak hanya mendapatkan materi di perkuliahan saja, tetapi langsung dapat mengimplentasikan dari materi yang sudah didapatkan dari narasumber melalui kunjungan ke lapangan.”

Rufti, yang turut mendampingi kegiatan turut menambahkan, “Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan mahasiswa memahami praktik manajemen agribisnis dalam kegiatan produksi dan operasi serta memberi pengalaman pada mahasiswa untuk memahami peran dan tugas manajer produksi. Untuk harapanya, semoga pemahaman mahasiswa dapat meningkat, memiliki semangat dan keberanian memulai usaha dan dapat berpartisipasi dalam mendukung program hilirisasi produk pertanian.”

(Red/Annisa Pradnya Paramitha)

You must be logged in to post a comment Login