Indahnya, Perjalanan Praktikum di Pulau Kelapan Provinsi Bangka Belitung

Indahnya, Perjalanan Praktikum di Pulau Kelapan Provinsi Bangka Belitung

LPM UBB, Balunijuk – Jurusan Biologi UBB kembali melaksanakan Praktikum Ekologi Pulau-Pulau Kecil (EPPK). Bertempat di Pulau Kelapan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Jumat-Minggu (28-29 Februari sampai 01 Maret 2020).

Kegiatan ini kurang lebih diikuti sebanyak 24 orang, diantaranya Mahasiswa Biologi yang mengambil mata kuliah EPPK, Asisten Praktikum EPPK dan Dosen Pengampu mata kuliah EPPK, yaitu Bapak Henri, S.Si., M.Si.

Perjalanan dimulai dari kampus UBB pada hari Jumat, 28 Februari 2020, sekitar pukul 17.00 WIB. Dilanjutkan menginap di salah satu rumah warga di dekat pelabuhan Sadai, Bangka Selatan. Perjalanan dilanjutkan keesokan harinya dengan menggunakan kapal para nelayan, sekitar 2-3 jam lamanya.

Selama dalam perjalanan menuju Pulau Kelapan, pengunjung akan disuguhi pemandangan laut biru yang jernih, gugusan pulau yang indah dan tentunya terjangan ombak disertai angin yang kencang.

Sesampai di Pulau Kelapan, pengunjung akan disambut hangat oleh warga di sana.

Ada dua versi yang menjelaskan arti nama dari Pulau Kelapan. Versi pertama mengartikan pulau yang banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan versi kedua Pulau Kelapan sebagai pulau ke delapan dari beberapa gugusan pulau yang membentang di Teluk Sadai.

Praktikum kali ini dibagi dalam 4 kelompok, yaitu kelompok terumbu karang, lamun, kualitas air dan makrozoobentos.

Selama praktikum dilaksankan di dalam laut, pemandangan terumbu karang dengan hamparan lamun dan ikan-ikan kecil sungguh memanjakan mata. Namun beberapa insiden tidak menyenangkan sempat terjadi ketika beberapa mahasiswa tidak sengaja menginjak salah satu hewan laut, yakni bulu babi. Syukurnya hal ini segera ditangani dengan cepat.

Harapannya praktikum ini dapat terus dilakukan lagi, bukan hanya di sekitaran Pulau Bangka, tapi juga di luar Pulau Bangka.

(Sindy/Red LPM UBB)

You must be logged in to post a comment Login