KIP Kuliah Salah Satu Upaya Untuk Meningkatkan Kemauan Siswa Melanjutkan Pendidikan

KIP Kuliah Salah Satu Upaya Untuk Meningkatkan Kemauan Siswa Melanjutkan Pendidikan

Penulis : Unuy

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam meningkatkan pendidikan yang ada di Indonesia. Fokus utama dalam peningkatan pendidikan ini, yaitu dalam pembangunan sumber daya manusia melalui berbagai upaya cerdas, seperti dikeluarkannya KIP (Kartu Indonesia Pintar).

KIP merupakan salah satu upaya untuk membantu para siswa lulusan SMA/sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi di bidang akademik dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Adapun syarat prestasi pada KIP Kuliah bertujuan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Dengan dikeluarkannya Program Indonesia pintar (PIP) di tahun 2020, pemerintah memberikan bantuan pendidikan bagi 818 ribu calon mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

Jumlah ini naik hampir dua kali lipat dari jumlah penerima beasiswa Bidik Misi pada 2019 yang 463.600 mahasiswa.

“Capaian dan target pembangunan pendidikan diperkuat untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019. Adapun sasaran 818 ribu penerima KIP Kuliah itu mencakup 398 ribu mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi sebelumnya dan 420 ribu mahasiswa baru. (Tempo.co)

Sri Mulyani mengatakan, para pemegang KIP Kuliah akan mendapat sejumlah dana bantuan pendidikan. Bantuan itu meliputi biaya hidup sebesar Rp 4,2 juta per mahasiswa per semester dan biaya pendidikan Rp 2,4 juta per mahasiswa per semester.

Tujuan dari pemberian KIP itu sendiri adalah untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki kemauan untuk melanjutkan pendidikan tetapi terkendala oleh biaya ekonomi, dengan adanya KIP diharapkan dapat memeratakan pendidikan yang ada di Indonesia.

(Unuy/Red LPM UBB)

You must be logged in to post a comment Login